Berita TerkiniMinahasa Utara

Bupati Joune Ganda Serahkan Bantuan Cadangan Beras Pemerintah Tahun 2024 di Desa Maumbi

MINUT, VIRALBERITA.NET — Bupati Kabupaten Minahasa Utara menyerahkan bantuan beras Cadangan pangan Pemerintah tahun 2024 kepada masyarakat ekonomi lemah dan di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, senin 24 Juni 2024.

Dalam sambutan, Bupati Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi menyampaikan, bantuan pangan beras ini adalah upaya pemerintah yang  bertujuan, pertama tujuannya untuk membantu masyarakat dalam menstabilkan harga, dimana harga beras saat ini naik drastis. Pemerintah berupaya untuk menstabilkan.

Yang kedua, pemerintah juga mau menjaga supaya tidak terjadi kenaikan inflasi. Inflasi ini adalah harga barang-barang yang secara kontinyu terus-menerus naik sehingga nanti akan mengurangi daya beli masyarakat. Dan Minut berhasil dalam menekan inflasi.

“Kabupaten Minahasa Utara satu dari tingkat kabupaten yang ada di pulau Sulawesi ini yang mampu menjaga laju inflasi terbaik di Indonesia, sehingga dengan capaian tersebut, diundang untuk hadir mengikuti Rapat Koordinasi di Istana negara ” ucap Bupati.

Ketiga, upaya untuk pencegahan stunting. Mencegah lahirnya anak yang tidak sehat. Kabupaten Minahasa Utara menjadi percontohan tingkat penurunan Stunting Nasional ini adalah capaian yang luar biasa.

“Pada 27 Juni 2024 nanti, Bupati Minahasa Utara diundang menjadi pembicara nasional untuk membagikan kiat-kiat strategi-strategi Bagaimana Minahasa Utara mampu menurunkan angka stunting dari 20, 5% menjadi 10, 9% ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Jadi, satu-satunya kepala daerah yang ditugaskan menjadi pembicara dalam rangka Hari Keluarga Nasional. Tentunya ini juga berkat dukungan dari masyarakat, “”ucapnya.

Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Sejak sejak September tahun 2022 jaminan kesehatan Minut sudah memiliki predikat Universal Health Coverage (UHC). Setiap masyarakat ber-KTP sudah di lindungi BPJS secara GRATIS. “Masyarakat yang memiliki BPJS mandiri dan sudah tidak aktif lagi atau yang belum ada BPJS boleh langsung datang di Mall pelayanan Publik di Atrium Kantor Bupati Minut mendaftarkan BPJS. Hanya perlu waktu 1×24 jam, BPJS sudah aktif, ” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala dinas Pangan Minut Jovieta Supit menyampaikan, pemberian bantuan pangan adalah bagian dari program nasional dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem, kerawanan pangan dan gizi, penurunan stunting, menjaga stabilitas harga pengendalian inflasi serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi.

“Sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem untuk setiap keluarga diberikan bantuan berupa beras sejumlah 10 kg selama 6 bulan mulai Januari sampai Juli 2024. Tahap pertama sudah disalurkan Januari sampai Maret 2024 dan tahap kedua April sampai Juni 2024 dengan total sebanyak 875.340 kg atau 875 Ton di seluruh desa se-Kabupaten Minahasa Utara untuk Kecamatan kalawat total rp8. 680 kg atau 8, 68 ton sebanyak 8.068 KPM sementara khusus Desa Maumbi sebanyak 105 KPM 8 atau 1.050 kg 1, 05 ton, “jelas Supit.

 

Sementara Hukum Tua Desa Maumbi Abraham Enoch menyampaikan Terima kasih kepada Pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat Desa Maumbi. ” Semua keluarga yang menerima bantuan ini berdasarkan hasil rapat bersama pemerintah Desa, BPD, Tokoh masyarakat, “kata Enoch.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten 1 Minut Umbase Mayuntu, Para  Kepala SKPD, Camat Kalawat Indria Frelie Nassa, perangkat Desa Maumbi dan masyarakat penerima manfaat.

Penulis: Deibby Malongkade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button