Sulut

Debat Publik Kedua Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pilkada 2024 Sukses, Ini Program Unggulan Ketiga Calon

Minahasa, viralberita.net — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi utara (Sulut) Debat Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pilkada 2024 sukses digelar di Aula Wale ne tou Tondano, Minahasa, rabu 24 Oktober 2024.

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dalam membuka acara debat publik menyampaikan, kiranya para calon memperhatikan substansi dari debat saat initema yang diangkat adalah Pendidikan, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga, Kesejahteraan dan Inklusi sosial, Perlindungan Perempuan, Anak dan Penyandang Disabilitas, Penguatan Demokrasi Lokal, Hukum dan HAM, Budaya, Kearifan Lokal dan Masyarakat Adat.

“Kami berharap pasangan calon dapat mengelaborasaikan semua program kerja dalam debat ini, kiranya saat terpilih dapat meningkatkan sektor-sektor dalam tema debat kedua ini. Kiranya para penonton dapat menyimak dan mendalami isi programatik dalam tema kedua untuk bisa diperdebatkan di tengah-tengah masyarakat agar kita mengenal apa yang harus dilakukan di Sulut terkait tema-tema yang sudah ditetapkan, “ucap Poluan.

Terdapat 14 orang panelis yang hadir dalam debat kedua ini dan telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk para Paslon untuk bersaing dalam mengemukakan pendapat ide dan gagasan dalam debat kedua ini.

 

Dari pantauan media ini, para peserta tampil mengagumkan, dengan menebarkan visi dan misi masing-masing serta program kerja kedepan saat akan menjadi gubernur nanti.

Berdasarkan pantauan, pasangan nomor urut 1 Yulius Selvanus Komaling-Viktory Mailangkay (YSK-VM) dalam visi-misi menyampaikan, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara yang berkesinambungan, menegaskan prioritas utama akan memberantas korupsi. “Ibarat sepak bola, Budaya adalah pertahanan, Daya saing adalah penyerang, kesejahteraan adalah golnya. Pemain harus sehat dan kerjasama tim, Pendidikan jadi kunci, sarana infrastruktur menjadi perhatian kami. anak-anak harus dibekali dengan ketrampilan dan bahasa terutama Inggris dan Mandarin agar bisa bersaing. Kami berikan beasiswa bagi yang kurang mampu, berprestasi dan memilih bidang yang strategis, “tuturnya.

Lanjutnya, kesejahteraan guru dan tenaga medis akan kami tingkatkan. Kami akan libatkan akademisi dalam membuat kajian-kajian strategis dan penelitian. Sulut harus unggul juga dibidang olahraga. Kedepan Tahun 2032 Kita siap jadi tuan rumah PON, kita akan memperbaiki sarana dan prasarana olah raga, seperti KONI Sario dan Kabupaten/Kota. “Waktu lalu kita punya banyak prestasi, sepak bola, renang, tinju dan lainnya. Kita akan bangkitkan kembali, latih kembali, bina agar kita siap menghadapi PON, SeaGames maupun ASEAN Games, ” ucapnya sambil menambahkan dirinya gemar kolintang. Jadi, pelestarian budaya, kearifan lokal, bahasa daerah harus diperhatikan.

Sementara, program prioritas nomor urut 2 Elly Engelbert Lasut-Hanny Jost Pajow (E2L-HJP) adalah peningkatan kesehatan masyarakat yang didukung dengan infrastruktur, sarana prasarana dan SDM tenaga medis. “Visi misi adalah Peningkatan kesehatan yang bermutu, dan paling penting dilakukan secara gratis kepada seluruh masyarakat di Sulawesi Utara tanpa pandang bulu, ” ucap Lasut. Selanjutnya, peningkatan pendidikan, kecerdasan berbasis digital, perlindungan kepada ibu dan anak, kesejahteraan masyarakat.

Dan Nomor urut 3 Steven Kandouw dan Alfrets Denny Tueje (SK-ADT) memaparkan visi-misi mereka yakni melanjutkan yang sudah ada, baik kesehatan, pendidikan, hukum, budaya semua sudah sangat baik. “Kami akan membangun 25 sekolah unggulan di 15 Kabupaten/kota di Sulawesi Utara, ” ucap Kandouw.

Hingga debat selesai, para pasangan calon menjaga etika dalam berdebat, saling menghormati satu dengan yang lain dan mampu menguasai setiap pertanyaan dan tanggapan dari lawan.

Hadir dalam debat publik ini, Anggota KPU Sulut, Anggota Bawaslu Sulut, anggota KPU Kabupaten/kota dan para pendukungnya pasangan calon. (3by)

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button